Jelang pilkada Kapolres PSP bersama forkopimda  gelar rakor  lintas sektoral Operasi Mantap Praja To

PADANGSIDIMPUAN - Dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 2024, Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Dr Wira Prayatna, SH, SIK, MH, mengaku akan mengerahkan jajarannya untuk kedepankan upaya bersifat preemtif dan preventif. Tujuannya, untuk menciptakan Harkamtibmas yang kondusif di Kota Padangsidimpuan.

"Dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 2024 selama 148 hari, kami kedepankan upaya preemtif dan preventif," ujar Kapolres di sela rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Mantap Praja Toba 2024 di Aula Baplitbangda Kota Padangsidimpuan, Senin (26/08/2024) pagi.

Kapolres melanjut upaya preemtif dan preventif ini, meliputi keterpaduan antara TNI-Polri, penyelenggara Pilkada, dan Pemda dalam melaksanakan pengamanan. Juga, keterpaduan dengan pelaksanaan kegiatan maupun Operasi Kepolisian lainnya.

"Tentunya, dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam mendukung Operasi Mantap Praja Toba 2024 ini," urai Kapolres.

Menurut Kapolres, jenis Operasi pemiliharaan keamanan yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif akan mendapatkan dukungan penegakan hukum, Humas, dan Ban Ops. Tujuannya, agar tercipta keamanan, kelancaran, dan ketertiban pada setiap tahapan Pilkada 2024.

Ia memaparkan, untuk cara bertindak dari Polri yang mengedepankan upaya preemtif ini misalnya dengan lakukan bimbingan penyuluhan/penerangan masyarakat. Agar, dapat mendorong partisipasi aktif demi terwujudnya Pilkada yang aman, tertib, lancar, dan demokratis.

Sedangkan untuk kegiatan preventif meliputi, pengamanan dan penjagaan terhadap calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padangsidimpuan. Untuk kegiatan intelijen, pihaknya melakukan deteksi dini dengan mengumpulkan info guna antisipasi dan mencegah adanya ancaman dari pihak- pihak yang akan mengganggu dan gagalkan Pilkada.

Penindakan

Pihaknya, juga akan melaksanakan penindakan berupa upaya paksa terhadap setiap pihak yang melakukan perbuatan yang dapat mengganggu dan menggagagalkan pelaksanaan Pilkada. Dan, pihaknya akan lakukan penegakan hukum terkait dampak dari kegiatan tahapan Pilkada, baik pidana umum maupun siber.

Sedangkan untuk kegiatan Humas, pihaknya akan melakukan sosialisasi, edukasi, publikasi, maupun counter opini berita negatif untuk keberhasilan pengamanan tahapan Pilkada tahun 2024. Terakhir, untuk kegiatan Ban Ops, pihaknya akan memberi bantuan personel, logistik, maupun sarana dan prasarana lainnya.

"Dengan harapan kita bersama, pelaksanaan Pilkada serentak di Kota Padangsidimpuan dapat berjalan dengan aman, damai, tertib, kondusif, dan demokratis," pungkas Kapolres menutup.

Dukungan Pemko Padangsidimpuan

Sementara itu, Pj Wali Kota Padangsidimpuan, Timur Tumanggor, menyambut positif upaya-upaya pengamanan Pilkada dari TNI-Polri, maupun stakeholder lainnya. Ia mengaku, Pemko siap mendukung pendanaan pada setiap tahapan Pilkada.

"Dukungan pendanaan ini, dalam bentuk hibah kepada penyelenggara dan petugas pengamanan Pilkada sesuai dengan objek masing-masing," terangnya.

Pihaknya, juga siap memberikan dukungan penyediaan sarana perkantoran bagi penyelenggara Pilkada sesuai dengan ketersedian aset Pemko Padangsidimpuan. Dan, pihaknya akan berupaya wujudkan ASN tetap bersikap profesional dan netral dalam pelaksanaan Pilkada.

Selanjutnya, melakukan sosialisasi serta memberikan informasi kepada masyarakat agar lebih mengerti penggunaan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pilkada. Kemudian, menyiapkan data agregat kependudukan per Kecamatan pendaftar penduduk potensial pemilih dan pemilih pemula.

"Mari kita saling bersinergi demi suksesnya Pilkada serentak 2024 di Kota Padangsidimpuan," tutupnya.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.